Friday, July 7, 2017

Cara Daftar Komunitas SIM PKB 2017 Untuk Guru Yang Tidak Mengikuti UKG 2015

Cara Daftar Komunitas SIM PKB 2017 ini khusus untuk guru yang sudah terdftar dalam http://sim.gurupembelajar.id yang artinya sudah melaksanakan UKG 2015. Salah satu syarat GTK agar dapat mengikuti Program PKB 2017 yakni terdaftar dalam komunitas GTK pada Sistem Informasi Manajemen (SIM) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Selain itu terdapat 3 syarat lainnya yang bisa mengantarkan guru untuk masuk ke program tersebut.

Syarat agar GTK bisa mengikuti Program PKB 2017 yaitu selain terdaftar dalam Komunitas yakni Guru yang hasil UKG-nya terdapat 3 hingga 10 kelompok kompetensi yang nilainya di bawah KCM/ Kriteria Capaian Minimal 65. Berada di wilayah yang tersedia akses/jaringan internet (khusus untuk peserta yang mengikuti Program PKB moda daring dan daring kombinasi). Bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi.

Karenanya, tiap GTK harus memastikan dirinya telah terdaftar pada salah satu pokja (KKG /MGMP/ MGBK/KKKS/MKKS/KKPS). Berikut Panduannya. 
  1. Ketua komunitas pokja (KKG/MGMP/MGBK/MKKS/KKKS/KKPS) mengajukan pendaftaran (registrasi) komunitasnya ke dinas setempat melalui operator dinas. 
  2. Dinas melalui operatornya menerima pengajuan pendaftaran kelompok kerja dengan mener-bitkan SK, kemudian operator dinas melakukan login ke sistem Informasi Manajemen dan me-lakukan pendaftaran. 
  3. Ketua komunitas pokja (KKG/MGMP/MGBK/MKKS/KKKS/KKPS) melakukan login ke sistem dan melengkapi data komunitasnya kemudian menambahkan atau memverifikasi ang-gota / daftar komunitas yang bergabung ke dalam kelompok kerjanya, menentukan lokasi pusat belajar serta membagikan akun anggota kelompok kerjanya. 
  4. Calon anggota melakukan regristrasi di SIM PKB menggunakan nomor Uji Kompetensi Guru (UKG) dan tanggal lahir selanjutnya login untuk melengkapi data sekaligus memilih untuk ber-gabung ke komunitas kerja yang sudah terdaftar di sistem. 
  5. Operator dinas dan ketua komunita pokja melakukan monitoring informasi dari Dirjen GTK di Sistem kemudian dideseminasikan kepada anggota dan stakeholder.

Oke, langsung saja bagi yang penasaran ingin langsung melakukan pendaftaran, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Registrasi Akun SIM PKB
  1. Sebelumnya masuk dulu ke alamat website SIM PKB adalah http://sim.gurupembelajar.id
  2. Pilih menu Registrasi Akun
  3. Masukkan Nomor Peserta UKG 2015 dan Tanggal Lahir Anda
  4. Klik Kotak Kecil , Saya bukan robot
  5. Klik Register
Komunitas SIM PKB 2017

Setelah anda memiliki akun SIM PKB, anda harus melakukan Verifikasi dan Validasi sekolah induk dan mata pelajaran di SIM PKB untuk memastikan tidak terjadinya ketidaksesuaian/salah jenjang/mapel pada saat pelaksanaan.

Lihat Juga : Cara Daftar Komunitas GTK SIM PKB 2017 Bagi yang Belum Mengikuti UKG 2015

Cara Verifikasi dan Validasi Sekolah Induk dan Mata Pelajaran di SIM PKB
  1. Login ke SIM PKB
  2. Pada saat login, Anda akan langsung diminta untuk melakukan verval Sekolah Induk dan Mapel terlebih dahulu.
  3. Jika Sekolah induk dan mapel TELAH SESUAI, maka dapat langsung klik tombol SIMPAN
  4. Jika sekolah Induk dan Mapel TIDAK SESUAI, maka Anda dapat melakukan pemutakhiran data seperti langkah-langkah yang dijelaskan pada point di bawah ini.

Pemutakhiran Profil Satminkal
  1. Klik ikon pensil pada kolom Sekolah induk/satminkal
  2. Pilihlah nama sekolah induk/satminkal sekarang. Untuk memudahkan dalam mencari satminkal, ketikkan nama sekolah di menu pencarian.
  3. Klik Simpan.
Login SIM PKB Guru 2017

Pemutakhiran Profil Mata Pelajaran
  1. Klik ikon pensil pada kolom Mata Pelajaran
  2. Pilihlah Mata Pelajaran yang menjadi bidang ajar sekarang.
  3. Klik Pilih
  4. Klik SIMPAN.
validasi SIM PKB 2017

Related Post !!!

Semoga dengan artikel Cara Daftar SIM PKB 2017 Bagi yang sudah Mengikuti UKG 2015 ini dapat membantu anda dalam persiapan pelaksanaan pretest kedepan. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog infoops.club ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.

Download Juga !!!
Surat edaran PKB [DOWNLOAD]
Format verifikasi data UKG [DOWNLOAD]
Format pendataan komunitas guru [DOWNLOAD]
Data Peserta UKG [DOWNLOAD]
Contoh anggaran dasar PKG, KKG, MGMP, KKKS, MKKS, KKPS, MKPS [DOWNLOAD]

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon