Sunday, August 20, 2017

Besarnya Pembayaran Gaji PNS Yang Masuk APBN 2018

Pembayaran Gaji PNS 2018
Besarnya Pembayaran Gaji PNS Yang Masuk APBN 2018 ini adalah upah yang diterima oleh seorang PNS berdasarkan UU tentang aparatur sipil negara adalah tiga bagian yaitu gaji pokok ditambah tunjangan kinerja dan juga tunjangan kemahalan. Dikutip dari laman kompas.com peraturan mengenai upah PNS dikaji dan menjadi tugas bagi kementerian PAN-RB. Kemeterian tersebut juga akan berkonsultasi dengan kemenkumham untuk menyusun peraturan pemerintah tentang gaji beserta tunjangan yang diberikan bagi pegawai negeri sipil.

Pegawai negeri sipil mungkin masih menjadi cita-cita sebagian besar masyarakat Indonesia. Kerja yang tidak terlalu berat, gaji dan tunjangan yang menggiurkan, hingga dana pensiun yang menjanjikan menjadi tiga faktor mengapa orang ingin menjadi PNS. Gaji PNS hampir setiap tahunnya selalu naik, termasuk gaji PNS 2018. 

Undang - Undang Nomor 5 tentang Aparatur Negara Pasal 21 berbunyi: PNS berhak memperoleh (1). gaji, tunjangan, dan fasilitas; (2). cuti; (3). jaminan pensiun dan jaminan hari tua; (4). Perlindungan; dan (5). pengembangan kompetensi. Untuk Lebih lengkapnya klik tautan berikut :


Berkenaan dengan hal itu, bagian sumber daya manusia kemendagri memiliki tugas untuk membuat rumusan mengenai take home pay atau upah bagi pegawai negeri sipil. Upah yang diputuskan bagi PNS selalu dikaji dan diperbaiki. Seringnya sebuah peraturan tentang perubahan upah pegawai negeri sipil dikeluarkan dan akan diumumkan sekitar pada bulan September. Kementerian yang berkontribusi dalam pembahasan kenaikan upah antara lain adalah kementerian PAN-RB, kemenkumham dan kemenkeu yang nantinya akan diusulkan kepada presiden. Kebijakan tentang upah PNS sudah sepatutnya transparan dan tidak berbelit agar dana yang diajukan benar juga tepat. Rancangan mengenai perubahan gaji PNS 2018 nanti dikaji oleh presiden selaku kepala pemerintahan. Jika presiden menyetujui maka rancangan tersebut ditandatangani dan berlaku secara sah dengan keluarnya sebuah peraturan pemerintah atau PP.

Gaji pokok untuk seorang pegawai negeri sipil dihitung menurut beban, tanggung jawab dan juga resikonya. Pada tahun 2018 anggaran untuk gaji PNS 2018 memiliki perbandingan jarak gaji terendah dengan gaji tertingginya yaitu 1 dibanding 11,9. misalkan gaji pokok seorang PNS paling rendah 1 juta maka gaji pegawai negeri sipil mencapai maksimalnya di angka 11,9 juta. Apabila dihitung total maka anggaran negara yang dikeluarkan untuk belanja pegawai sangat tinggi yakni 270 triliun setiap tahunnya. Terkait dana pensiun yang dibayarkan negara sebaiknya dikaji ulang apakah tidak merugikan.

Demikian artikel tentang "Besarnya Pembayaran Gaji PNS Yang Masuk APBN 2018". Semoga bermanfaat. Kritik dan saran kami harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog infoops.club ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon