Monday, February 11, 2013

Ciri Khusus Mahluk Hidup: Hewan dan Tumbuhan

Ciri Khusus Mahluk Hidup: Hewan dan Tumbuhan | Selain memiliki ciri-ciri umum, ternyata mahluk hidup juga memiliki ciri-ciri khusus. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan maupun tumbuhan.

A. Ciri Khusus Pada Hewan

1. Memiliki antena di kepalanya

Salah satu contoh hewan yang memiliki ciri khusus antena di kepalanya adlah semut. Antena tersebut berfungsi sebagai alat indra sehingga semut bisa menyentuh, membau dan merasakan getara-getaran bunyi dengan antenanya tersebut. Selain itu, antenanya berfungsi sebagai alat komunikasi antar sesama semut. Coba perhatikan kalau semut bertemu, pasti mereka saling menyentuhkan antenanya sebagai tanda bahwa mereka sedang berkomunikasi, keren yeah.

2. Memiliki Bantalan Perekat pada telapak kakinya

Contoh hewan yang memiliki Bantalan Perekat pada telapak kakinya adalah cicak dan tokek. Ciri khusus yang mereka miliki ini berguna untuk menempel pada dinding sehingga tidak jatuh.

3. Memiliki Kumis atau Misai di bibir atas dan bawah

Contoh hewan yang memiliki misai adalah ikan lele, patin, otek dan sambilang. Misainya ini berfungsi sebagai indra pengecap. Biasanya digunakan untuk mendeteksi mangsa yang bersembunyi di daerah berlumpur.

4. Memiliki sengat beracun

Beberapa hewan yang memiliki ciri khusus ini adalah lebah dan kalajengking. Kedianya memiliki sengat beracun di bagian ekornya. Kelebihan mereka ini digunakan untuk mempertahankan diri dari para mangsanya. Apabila merasa terancam, kalajengking dan lebah akan menyengat dan mengeluarkan racun kedalam tubuh musuhnya.

5. Memiliki punuk

Punuk adalah bagian yang gembung yang terdapat pada punggung unta. Fungsi dari punuk unta adalah sebagai tempat menyimpan cadangan makanannya yang berupa lemak. Hal ini dikarenakan unta yang biasanya dipakai untuk perjalanan jauh di padang pasir sehingga mereka membutuhkan cadangan makanan dalam perjalanan jauhnya. Dengan cadangan makanan tersebut, unta dapat bertahan tanpa makan untuk beberapa hari.

6. Memiliki kemampuan Ekolokasi

Contoh hewan yang mempunyai kemampuan Ekolokasi adalah Kelelawar. Kemampuan Ekolokasi maksudnya adalah kemampuan yang menggunakan gelombang bunyi untuk mendeteksi keberadaan mangsanya. Kelelawar mengeluarkan bunyi yang berfrekuensi tinggi, dan apabila bunyi tersebut mengenai sesuatu, bunyi tersebut akan dipantulkan kembali sehingga kelelawar mengetahui keberadaan mangsanya.

7. Memiliki lidah yang panjang dan lengket

Hewan dengan ciri khusus ini adalah katak pelontar, bunglon dan landak semut. Lidahnya yang panjang berfungsi untuk menangkap mangsanya kemudian menariknya dengan cepat ke dalam mulutnya.

8. Memiliki mata dan pendengaran yang tajam

Hewan dengan kemampuan khusus ini adalah burung hantu. Walaupun saat siang hari, burung hantu tidak bisa terbang karena penglihatannya kurang jelas, namun pada malam hari mata dan pendengaran dari burung hantu sangat tajam. Kemampuan ini untuk mempermudahnya menangkap mangsanya.

9. Memiliki leher yang panjang

Kalau ini sudah pasti tahu. Hewan yang dimaksud adalah jerapah. Karena jerapah menyukai daun hijau yang mudah, maka dengan lehernya yang panjang, ia dalap menjangkau makanan yang merupakan tunas dan daun mudah di pohon-pohon yang tinggi.

10. memiliki cairan hitam seperti tinta

Hewan yang dimaksud memiliki ciri khusus ini adalah cumi-cumi dan gurita. Cairan ini berfungsi untuk mengelabui musuhnya sehingga dapat menyelamatkan diri dari keruhnya air oleh tinta yang dikeluarkannya.



A. Ciri Khusus PadaTumbuhan

Selain hewan, ternyata tumbuhan juga memiliki ciri-ciri khusus.

1. Mempunyai batang berongga

COntoh tumbuhan yang mempunyai batang berongga adalah kangkung, teratai, genjer dan eceng gondok. Batang tersebut berisi udara supaya dapat mengapung di atas permukaan air.

2. Bunganya berbau busuk

Contohnya adalah bunga Raflesia. Bau yang bunga raflesia keluarkan bukan untuk mengusir mangsa, melainkan untuk memikat lalat dan serangga untuk menghampiri bunga tersebut. Fungsinya agar lalat membantu penyerbukan dan bunga raflesia dapat berkembang biak.

3. Mempunyai batang berduri

Contohnya adalah mawar. Fungsinya sebagai pelindung terhadap gangguan musuh.

4. Daun kecul seperti duri

Contohnya adalah kaktus. Daunnya kecul seperti duri berguna untuk mengurangi penguapan air karena kaktus biasanya tumbuh di daerah gersang yang kurang pasokan airnya.
5. Daun lebar dan tipis

COntohnya adalah daun talas dan teratai. Daun tipis berguna untuk mempercepat terjadinya proses penguapan.
6. Menghasilkan cairan pencerna serangga

Contohnya adalah tumbuhan kantong semar dan venus. Tumbuhan ini mencerna serangga yang terperangkap di dalam kantungnya dan menggunakan cairan khusus di dalamnya untuk mencerna serangga tersebut, selanjutnya menyerap sarinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon