Struktur dan Muatan Kurikulum 2013 untuk SD (Sekolah Dasar) - Walau masih banyak pro dan kontra akan putusan untuk memberlakukan kurikulum baru 2013, namun pemerintah, dalam hal ini menteri pendidikan tetap mengupayakan implementasi kurikulum baru ini di tahun ini, 2013.
Untuk kurikulum baru 2013 ini, beban belajar dinyatakan dalam jam belajar setiap minggu untuk masa belajar selama satu semester. Beban belajar di SD Tahun I, II, dan III masing-masing 30, 32, 34 sedangkan untuk Tahun IV, V, dan VI masing-masing 36 jam setiap minggu. Nantinya, jam belajar SD adalah 40 menit, tidak 35 menit lagi seperti do KTSP.
Selain itu, ada perbedaan mata pelajaran untuk kurikulum 2006 KTSP dan sebelumnya dengan kurikulum baru 2013 ini. Mari kita intip Struktur Kurikulum SD di tahun 2013 ini.
Struktur Kurikulum SD di tahun 2013 adalah sebagai berikut:
MATA PELAJARAN | ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU | ||||||
I | II | III | IV | V | VI | ||
Kelompok A | |||||||
1. | Pendidikan Agama | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 5 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 |
3. | Bahasa Indonesia | 8 | 8 | 10 | 10 | 10 | 10 |
4. | Matematika | 5 | 6 | 6 | 6 | 6 | 6 |
Kelompok B | |||||||
1. | Seni Budaya dan Keterampilan (termasuk muatan lokal) | 4 | 4 | 4 | 6 | 6 | 6 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (termasuk muatan lokal) | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 30 | 32 | 34 | 36 | 36 | 36 |
Kelompok A adalah mata pelajaran yang memberikan orientasi kompetensi lebih kepada aspek intelektual dan afektif sedangkan kelompok B adalah mata pelajaran yang lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor.
Lalu, kemanakah gerangan mata pelajaran IPS dan IPA?
Integrasi konten IPA dan IPS adalah berdasarkan makna mata pelajaran sebagai organisasi konten dan bukan sebagai sumber dari konten. Konten IPA dan IPS diintegrasikan ke dalam mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia dan Matematika yang harus ada berdasarkan ketentuan perundang-undangan.
Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran. Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam 2 (dua) hal, yaitu integrasi sikap, kemampuan/keterampilan dan pengetahuan dalam proses pembelajaran serta pengintegrasian berbagai konsep dasar yang berkaitan.
Tema memberikan makna kepada konsep dasar tersebut sehingga peserta didik tidak mempelajari konsep dasar tanpa terkait dengan kehidupan nyata. Dengan demikian, pembelajaran memberikan makna nyata kepada peserta didik.
Tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Keduanya adalah pemberi makna yang substansial terhadap bahasa, PPKn, matematika dan seni budaya karena keduanya adalah lingkungan nyata dimana peserta didik dan masyarakat hidup. Disinilah kemampuan dasar/KD dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain yang memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang KD mata pelajaran lainnya.
Berdasarkan sudut pandang psikologis, tingkat perkembangan peserta didik tidak cukup abstrak untuk memahami konten mata pelajaran secara terpisah-pisah. Pandangan psikologi perkembangan dan Gestalt memberi dasar yang kuat untuk integrasi KD yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik. Dari sudut pandang transdisciplinarity maka pengotakan konten kurikulum secara terpisah ketat tidak memberikan keuntungan bagi kemampuan berpikir selanjutnya.
Terimakasih sudah membaca artikel Kurikulum 2013 SD ini, semoga bermanfaat.
Disadur dari:
Dokumen Kurikulum 2013, Debdikbud, Desember 2012.
EmoticonEmoticon