Monday, May 22, 2017

LKS (Lembar Kerja Siswa) Kelas 1,2,3,4,5,6 SD

LKS (Lembar Kerja Siswa) Kelas 1,2,3,4,5,6 SD


Menurut Sriyono (1992), Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah salah satu bentuk program yang berlandaskan atas tugas yang harus diselesaikan dan berfungsi sebagai alat untuk mengalihkan pengetahuan dan keterampilan sehingga mampu mempercepat tumbuhnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Itulah bapak dan ibu devinisi LKS menurut ahli, dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang LKS untuk siswa sekolah dasar mulai kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 SD

LKS (Lembar Kerja Siswa) Kelas 1,2,3,4,5,6 SD


Menurut Sudjana (Djamarah dan Zain, 2000), fungsi LKS adalah :
  • Sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif.
  • Sebagai alat bantu untuk melengkapi proses belajar mengajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
  • Untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian pengertian yang diberikan guru.
  • Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mende-ngarkan uraian guru tetapi lebih aktif dalam pembelajaran.
  • Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan pada siswa.
  • Untuk mempertinggi mutu belajar mengajar, karena hasil belajar yang dica-pai siswa akan tahan lama, sehingga pelajaran mempunyai nilai tinggi.
Berdasarkan Depdiknas dalam N. Syakrina (2012), langkah-langkah yang harus dilalui dalam menulis LKS yaitu:
  • Analisis Kurikulum Analisis kurikulum dimaksudkan untuk menentukan materi-materi mana yang akan memerlukan bahan ajar LKS.
  • Menyusun Peta Kebutuhan LKS Peta kebutuhan LKS sangat diperlukan guna mengetahui jumlah LKS yang harus ditulis dan urutan LKS-nya juga dapat dilihat. Urutan LKS ini sangat diperlukan dalam menentukan prioritas penulisan.
  • Menentukan Judul-Judul LKS Judul LKS ditentukan atas dasar Kompetensi Dasar-Kompetensi Dasar, materi pokok yang terdapat dalam kurikulum.
Penulisan LKS, meliputi:
  1. Perumusan KD harus dikuasai Rumusan KD pada LKS langsung diturunkan dari standar isi.
  2. Menentukan alat penilaian

Penyusunan materi Materi LKS sangat tergantung pada KD yang akan dicapai. Materi LKS dapat berupa informasi pendukung, yaitu gambaran umum atau ruang lingkup substansi yang akan dipelajari. Materi dapat diambil dari berbagai sumber seperti buku, majalah, internet, jurnal hasil penelitian. Agar pemahaman siswa terhadap materi lebih kuat, maka dapat saja dalam LKS ditunjukkan referensi yang digunakan agar siswa membaca lebih jauh tentang materi itu

Nah itulah langkah langkah yang harus diperhatikan dalam penulisan LKS, disini kami sudah mempersiapkannya bapak dan ibu tidak usah menulisnya, tinggal mencetak, cukup download pada link yang ada dibawah ini:

Download LKS (Lembar Kerja Siswa) Kelas 1,2,3,4,5,6 SD

Demikian ulasan singkat materi diatas, semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat mohon maaf apabila ada kesalahan ketik dan bahasa yang tidak berkenan. kami hanya manusia yang banyak khilaf dan kesempurnaan hanya milik Tuhan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon