Saturday, August 12, 2017

Penyegaran Instruktur Nasional (IN)/ Mentor PKB SMA Jawa Barat 2017

PENYEGARAN IN/MENTOR PKB BIOLOGI SMA 2017 JAWA BARATInstruktur Nasional (IN)/ Mentor adalah guru yang telah mengikuti UKG yang mempunyai pengalaman di dalam kegiatan mendidik, mengajar, dan melatih pembelajar dewasa (pendekatan andragogi), memiliki kemampuan dasar TIK (pengolah kata word processor, pengolah data/spreadsheet, presentasi/  powerpoint, penggunaan internet – email/ surel, browsing, download/ unduh dan upload/ unggah data), bersedia melaksanakan pembelajaran dengan kemauan dan komitmen yang tinggi, serta memenuhi syarat sesuai dengan juknis  PKB kemendikbud.

Kegiatan Penyegaran Instruktur Nasional (IN)/ Mentor PKB SMA Jawa Barat 2017 khususnya untuk bidang studi Biologi dilaksanakan di PPPPTK IPA selama 7 (tujuh) hari mulai tanggal 9 s.d 15 Juni 2017. Peserta kegiatan ini berjumlah 119 orang, sedangkan peserta yang hadir berjumlah 103 peserta.

Dalam kegiatan Penyegaran IN/ Mentor PKB Jenjang SMA Bidang Studi Biologi, peserta pembelajaran mendapatkan Petunjuk Teknis Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Pengembangan Soal USBN, Materi Kompetensi Pedagogik, Materi Kompetensi Profesional, dan Strategi Fasilitasi Kelas pada Moda Tatap Muka, Daring Murni, dan Daring Kombinasi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan dan menyamakan pemahaman diantara para IN/ Mentor tentang pelaksanaan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, output kegiatan setiap materi pelatihan, evaluasi pelatihan, dan modul yang diperkaya dengan nilai karakter. 

Manfaat penyelenggaraan kegiatan ini sebagai berikut: 
  • Meningkatnya kompetensi dan kemampuan IN/ Mentor untuk memfasilitasi kegiatan PKB sesuai dengan skenario pembelajaran guru;
  • Tersedianya IN/Mentor untuk memfasilitasi peserta PKB di setiap kabupaten/ kota sasaran. 

Adapun target kompetensi yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah peserta dapat mengampu kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan baik pada Moda Tatap Muka maupun Moda Daring di komunitas GTK, yaitu KKG dan atau MGMP.

Demikian artikel Penyegaran Instruktur Nasional (IN)/ Mentor PKB SMA Jawa Barat 2017 ini, semoga bermanfaat bagi Bapak/ Ibu yang nanti akan menjadi Instruktur Nasional (IN) atau Mentor PKB 2017 di wilayah Jawa Barat. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog infoops.club ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon