Berikut ini (draf) Contoh Proposal Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)
Kata Pengantar
Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan secara terus menerus telah dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas Pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ). Dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam upaya melaksanakan kebijakan tersebut, Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)
Berdasar dari kebijakan tersebut kami telah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk kegiatan Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal Dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan.
Proposal ini berisikan kegiatan-kegiatan pokok program Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dengan mengacu pada kesesuaian program peningkatan mutu pendidikan serta kesinambungan pembangunan dimasa yang akan datang.
Mudah-mudahan proposal ini dapat diterima dan bermanfaat.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan paradigma pendidikan di era globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir guru. Guru harus mengantisipasi dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, reoriantasi pembelajaran dari teaching menjadi learning, akreditasi dan kultur kelas, keterampilan guru dalam membuat soal yang bermutu serta pengembangan pendidikan karakter. Perubahan pola pikir guru dalam mengelola dan melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran, menuntut untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam melaksanakan perubahan proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Kelompok Kerja Guru ( KKG ) merupakan suatu wadah asosiasi atau perkumpulan bagi guru di Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dalam satu Gugus, berfungsi sebagai sarana saling berkomonikasi, belajar dan bertukar pikiran serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi / pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas.
Sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang berupaya meningkatkan kompetensi guru terutama terkait keterampilan guru dalam membuat soal yang bermutu serta pengembangan pendidikan karakter dengan menetapkan kebijakan berupa pemberian dana langsung ( Block Grant ) kepada KKG / MGMP yang ada di Kota/Kabupaten melalui Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami sangat mendukung program tersebut karena Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS dapat mendukung secara optimal peningkatan kemampuan profesional guru dalam pembelajaran.
Sehubungan dengan adanya informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan tentang adanya Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS pada tahun Anggaran 2017, untuk itu kami mengajukan proposal ini untuk mendapatkan bantuan dana Block Grant tersebut.
B. Tujuan
Program pemberian Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) bertujuan untuk :
• Meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai aktifitas di KKG terutama dalam kaitanya dengan Pengembangan Soal yang berstandar Nasional (USBN)
• Memberikan Pembekalan Pengembangan Pendidikan Karakter bagi guru-guru
• Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru sehari-hari dengan saling berbagi pengalaman dari contoh praktek yang baik ( Best Practice )
C. Sasaran
Sasaran program revitalisasi melalui Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) adalah guru-guru yang menjadi anggota kelompok KKG kecamatan .......... kab...................(Untuk MGMPMapel ............... Kab...............)
D. Hasil yang diharapkan
Melalui pemberian dana Block Grant diharapkan hal-hal sebagai berikut :
• Adanya peningktan Kompetensi guru dalam pembuatan soal yang bermutu (USBN untuk MGMP)
• Adanya peningkatan pengetahuan guru tentang peningkatan Pengembangan Pendidikan Karakter 9ppk0
• Kinerja guru akan meningkat
• Adanya masukan langsung terhadap permasalahan dan kendala yang dihadapi guru dilapangan.
E. Manfaat
Block Grant akan menberikan manfaat kepada berbagai pihak, antara lain :
1. Bagi Guru : Dapat meningkatkan kompetensi guru terutama terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter
2. Bagi Siswa : Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah
3. Bagi Sekolah : Terciptanya guru-guru yang kompeten dan propesional terutama terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter di SD peserta Gugus KKG Kec......../ di SMP peserta MGMP mapel ................
4.Bagi Pemerintah : Tersedianya soal Ujian Sekolah (US) / Soal Ujian Sekolah Berstandar Naional yang bermutu.
BAB II DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
Pada tahun 2014 dan 2015, forum KKG Guru Kelas Gugus ........ Kecamatan ............. kab/Kota .................. melaksanakan berbagai kegiatan yang meliputi :
• Penyusunan Prota dan Prosem
• Menyusun Silabus
• Sosialisasi Kurikulum 2013
• Menyusun Rencana Pembelajaran pada semua tingkatan kelas
• Mencari dan membahas berbagai metode yang dipakai dalam pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013
• Membuat Kisi-kisi soal
• Melaksanakan Analisis SKL
Dari sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di atas, para guru yang menjadi peserta KKG Gugus .......... menunjukan kemajuan yang cukup baik. Tingkat pemahaman mereka terhadap materi kegiatan tersebut menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya. Sebagai contoh pada tahun 2015 pemahaman mereka tentang kurikulum 2013 hanya 55 % maka pada tahun 2016 meningkat menjadi 80 %. Disamping itu, para pendidik semakin menyadari akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan karir mereka dan tuntutan tugas mereka di sekolah. Ini artinya Forum seperti Kelompok kerja Guru ( KKG ) ini memiliki konstribusi dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga propesionalisme guru.
BAB III RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN KKG GUGUS ...... KOTA................... (MGMP MAPEL .............. KAB...........)
A. Jenis Program, Tujuan dan Kegiatan
1. Jenis Program
Program Kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Peningkatan Kompetensi guru dalam Penulisan Soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter.
2. Tujuan
Secara umum tujuan Pelaksanaan Program tersebut di atas adalah untuk meningkatkan Kompetensi dan propesionalisme guru dan juga meningkatkan daya kreasi dan inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Secara khusus tujuan Pelaksanaan Program adalah:
a. Meningkatkan Kemampuan guru dalam Penyusunan Soal yang Bermutu
b. Meningkatkan kemampuan guru dalam memahami Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c. Meningkatkan kemampuan Guru dalam Penyusunan Soal US / USBN
d. Meningkatkan kemampuan guru dalam Pengembangan Pendidikan Karekater
f. Meningkatkan kemampuan guru dalam penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah
3. Kegiatan
a. Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu
b. Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c. Praktek Penyusunan Soal US / USBN
d. Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater
f. Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah
B. RENCANA ANGGARAN BIAYA
NO | KEGIATAN/ SUB KEGIATAN | VOLUME | SATUAN (Rp) | JUMLAH ( Rp) |
I | PERSIAPAN 1.Rapat Persiapan a. Konsumsi ( 13 Orang x1 kegiatan ) b. ATK 2. Transport pengantaran proposal | 13 OK 13 OK 1 OK | ||
JUMLAH I 500.000,- | ||||
II | PELAKSANAAN 1. Nara sumber ( 1 Orang x 10 Kegiatan ) a. Transport b. Honor 2. Peserta ( 10 Orang x 10 Kegiatan ) a. Transport b. Honor 3. Panitia ( 2 Orang x 10 Kegiatan ) a. Transport b. Honor 4. ATK 5. Konsumsi | 10 OK 10 OK 100 OK 100 OK 20 OK 20 OK 130 OK | \ | |
JUMLAH II | ||||
III | LAPORAN PEMANTAUAN INTERNAL 1. ATK 2. Dekomentasi / Penggandaan 3.Transport Pengantaran Laporan | |||
JUMLAH III | ||||
IV | DESIMININASI / SEMINAR 1. Transport Nara Sumber (1 Orang ) 2. Honor Nara Sumber ( 1 Orang ) 3. Transport Peserta (30 Orang x 1 Kegiatan ) 4. Transport Panitia ( 2 Orangx 1 Kegiatan ) 5. Konsumsi ( 33 Orang x 1 Kegiatan ) 6. ATK dan Penggandaan Desiminasi | 1 OK 1 OK 30 OK 2 OK 33 OK | ||
JUMLAH IV | ||||
JUMLAH I + II + III + IV |
C. JADWAL KKG KELAS V GUGUS ...................
No | PERTEMUAN /TANGGAL | MATERI | NARA SUMBER | HASIL YANG DIHARAPKAN |
1 | I | Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu | ||
2 | II | Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN) | ||
3 | III | Praktek Penyusunan Soal US / USBN | ||
4 | IV | Praktek Penyusunan Soal US / USBN | ||
5 | V | Praktek Penyusunan Soal US / USBN | ||
6 | VI | Praktek Penyusunan Soal US / USBN | ||
7 | VII | Workshop Pengembangan Pendidikan Karekater | ||
8 | VIII | Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah | ||
9 | IX | Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah |
BAB IV PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa :
• KKG Guru Kelas sangat berperan dalam meningkatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar memiliki kompetensi, kualifikasi dan propesionalisme yang standar.
• KKG dapat menjadi wadah berbagi ilmu dan pengalaman sekaligus memetakan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran .
• Hasil pertemuan KKG dapat menjadi acuan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
• Dana pendukung dalam kegiatan operasional KKG berupa Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) sangat diharapkan oleh sekolah inti sebagai penyelenggara kegiatan maupun SD Imbas sebagai anggota dalam Gugus ..........
• Dengan adanya KKG diharapkan dapat menumbuhkan daya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran, sehingga akan berimbas pada peningkatan proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa.
B. SARAN
Agar KKG dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya harus didukung oleh berbagai pihak.
• Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) agar berkesinambungan dan ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang.
• Semoga terjalinnya kerjasama yang harmonis antara sekolah Inti sebagai penyelenggara dengan sekolah Imbas sebagai anggota Gugus.
EmoticonEmoticon