Tuesday, August 23, 2016

Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah

Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah
A. Pengertian
Istilah budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara sering disebut adab atau akhlak. Ilmu budi pekerti mempelajari segala sesuatu tentang kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia. Budi pekerti atau watak diartikan sebagai bulatnya jiwa manusia, dalam bahasa asing disebut juga sebagai “karakter” yaitu jiwa yang berazas hukum kebatinan.

B. Pelaksanaan Budi Pekerti
1. Ing Ngarsa Sung Tulada berarti di depan memberi teladan/contoh
2.Ing Madya Mangun Karsa, membina kehendak, kemauan dan hasrat. Ing Madya, di tengah-tengah harmonis dan terbuka. Pamong atau pendidik sebagai pemimpin.
3.Tut Wuri Handayani, mengikuti dari belakang agar penuh perhatian dan tanggung jawab berdasarkan cinta dan kasih.

Tri pusat pendidikan budi pekerti menurut Ki Hajar Dewantara :
1.Lingkungan keluarga
2.Lingkungan sekolah
3.Lingkungan masyarakat

C.Implementasi Penumbuhan Budi Pekerti
Tujuh cara menumbuhkan nilai-nilai budi pekerti :
1.Menumbuhkan nilai-nilai moral dan spiritual
2.Menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan
3.Mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dengan guru dan orangtua
4.Mengembangkan interaksi positif antar peserta didik
5.Merawat diri dan lingkungan sekolah
6.Mengembangkan potensi diri peserta didik secara utuh
7.Melibatkan orangtua dan masyarakat di sekolah

D.Tugas dan Fungsi Sekolah
1.Tugas
Memberikan contoh pelaksanaan budi pekerti dan pendampingan pelaksanaan budi pekerti di sekolah.
2.Fungsi
Melaksanakan kegiatan penumbuhan budi pekerti di sekolah disesuaikan dengan muatan lokal daerah dan melaksanakan kegiatan penumbuhan budi pekerti di sekolah berdasarkan aktivitas harian, mingguan, bulanan, semester, dan akhir tahun.

Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah
Format Penilaian Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti di Sekolah


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon